Cara Mengatasi Kenari Macet Bunyi Pasca Kawin dan Penyebab Lainnya

adsense-fallback

Ketemu lagi dengan INSGK kali ini kita akan membahas tentang kenari yang tiba-tiba macet bunyi, banyak sekali permasalahan ini yang sering dialami oleh para penghobi kenari dan tidak sedikit juga yang masih bingung kenapa hal ini bisa terjadi sebenarnya sudah banyak di internet yang membahas tentang ini. Namun karena terlalu banyak sehingga tidak ada yang fokus dan kali ini saya akan merangkum semua yang ada di internet. Jadi anda tinggal mencocokkan mana yang paling benar atau mendekati permasalahan anda.

adsense-fallback

Sebelum kita membahas apa saja yang harus dilakukan atau cara mengatasi kenari macet bunyi ini kita harus mengetahui penyebab yang membuat kenari kita menjadi diam atau tidak mau ngoceh lagi. Banyak pakar kenari sepakat bahwa yang paling sering membuat kenari terdiam yaitu karena kenari mengalami masa mabung atau ngurap dan masih banyak lagi istilah lain di daerah-daerah di Indonesia. Pada fase ini kenari akan malas berbunyi karena kondisi tubuhnya mengalami perubahan.

Kemudian ada lagi kenari yang tidak mau bunyi dikarenakan sakit hal ini terjadi karena kondisi lingkungan atau cuaca ekstrem yang tidak menentu dan juga perawatan yang kurang benar. Ada lagi yaitu ketika pasca kawin, kenari pasti tidak akan mau bunyi lagi semua hal yang ada disini memang sangat biasa, memang kenari akan mengalami Fase ini Jadi anda tidak perlu khawatir dan anda hanya tinggal merawatnya dan mengambil solusi ini.

1. Mengatasi Mabung pada Kenari yang Menyebabkan Kenari Macet Bunyi

Jika kenari Anda mengalami mabung pastikan kenari dalam kondisi nyaman, sediakan kandang sendiri dan selalu bersihkan setiap hari. Karena kenari juga merasakan risih ketika kandang ada tempat tinggalnya dirasa kotor hal ini akan memperburuk suasana atau kondisi pada kenari tersebut.

Dalam kondisi ini anda harus mensterilkan sekitar kandang atau Anda bisa mengisolasi pada tempat tertentu istilah lainnya adalah dikarantina hal ini akan membuat si kenari merasa nyaman dan dia akan melakukan proses mabung dengan cepat sehingga kenari akan cepat untuk mengoceh lagi.

Jika kondisi mabung ini tidak kunjung selesai Berarti ada yang salah dengan cara merawatnya Anda harus benar-benar menjauhkan sesuatu yang membuat kenari itu menjadi stress misalnya kucing, tikus, cicak atau hewan-hewan lainnya. Karena ini mempengaruhi sistem kinerja pada otaknya yang membuat dia stres.

Pada kondisi mengapung Anda juga harus memperhatikan makanan yang anda sediakan pastikan nutrisi dan vitaminnya mencukupi Anda bisa menggunakan racikan makanan untuk kenari agar cepat nggacor resep ini sangat membantu saya dalam hal mempercepat kenari cepat bunyi dan terpenuhi semua nutrisinya.

2. Mengatasi Kenari Macet Bunyi Dikarenakan Sakit

Selanjutnya adalah mengatasi kenari yang macet bunyi dikarenakan sakit untuk alasan sakit ini ada banyak sekali macamnya salah satunya adalah tungau kantung udara Penyakit ini seperti sesak nafas atau asma yang dialami oleh burung kenari ciri-cirinya adalah kenari males gerak kemudian tidak mau mengoceh. Pada tenggorokan seperti burung ngoceh namun tidak ada suaranya.

Pada bagian bulu terlihat seperti mengering dan sangat mudah mengalami kerontokan atau ada juga yang bulunya mengembang seperti burung yang mau mabung. Bila anda melihat hal ini sudah dipastikan burung Anda mengalami penyakit tungau kantung udara.

Hal apa penyebab utama pada penyakit tungau kantung udara ini adalah faktor kebersihan lingkungan kandang nah nah… hal ini juga kenapa saya mewajibkan anda untuk selalu membersihkan kandang, karena kotoran yang ada pada kandang akan membawa bakteri yang merugikan pada si kenari. Lalu apa solusi yang terbaik untuk mengobati ini yaitu dengan memberikan E BODRE kepada burung yang terkena penyakit.

Kemudian segera bersihkan kandang anda dengan menyemprotkan air garam kemudian cuci dengan bersih. Lalu keringkan di bawah terik matahari. Dalam kondisi ini burung harus dikarantina dan disterilkan, karena bisa saja bakteri masih menempel di bagian tubuhnya. Lakukan penyemprotan pada kenari dengan menambahkan sedikit garam ini dimaksudkan untuk membunuh bakteri yang masih tersisa di area bulu, namun jangan lama-lama ketika memandikannya Anda harus segera menjemur kenari namun tidak langsung terkena cahaya matahari.

3 . Mengatasi Kenari Macet Bunyi dikarenakan Terlalu Gemuk

Nah ini masalah selanjutnya adalah kenari terlalu gemuk atau obesitas, seringkali kita tidak melakukan pengecekan terhadap makanan yang kita berikan pada kenari, hal ini terjadi karena nutrisi yang diterima oleh kenari kurang dan lemak yang didapat terlalu banyak sehingga kenari menjadi gendut. Pada kenari gendut sudah dipastikan dia akan malas bunyi hal itu dikarenakan dia Mudah capek atau lelah.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah ini, sebenarnya cara ini sangatlah biasa dan semua orang pasti bisa yaitu dengan membuat kenari banyak gerak atau berolahraga salah satunya dengan cara pengumbaran. Tentu anda sudah tahu dengan alat ini ya, yaitu kandang yang panjang seperti jungkat-jungkit sehingga kenari akan berterbangan kesana kemari. Lakukan hal ini setiap pagi antara jam 07.00 sampai jam 08.00 pagi di bawah terik matahari.

Jadi selain menjemur dia juga berolahraga, setelah itu berikan makanan kenari yang sesuai dengan porsinya jangan terlalu banyak memberikan protein pada kenari ini jika terlalu banyak protein maka kenari anda akan menjadi gendut lagi ,Anda harus benar-benar mengontrol asupan makanan yang Anda berikan pada kenari. Berikan buah-buahan seperti apel berikan irisan kecil saja kemudian berikan daun-daunan yang sehat seperti daun gingseng.

4. Mengatasi Kenari Macet Bunyi dikarenakan Pasca Kawin

Ketika kenari sedang birahi pasti dia akan mengoceh terlalu sering dan sangat lama. Ini adalah hal yang sangat wajar karena kenari ingin menarik perhatian pada betina, namun hal ini akan membuat kenari mudah lelah dan dalam hal ocehan dia akan tidak terkontrol seperti biasanya. Dan ketika anda melakukan pengawinan pada kenari, pasti setelah itu Kenari tidak akan mau bunyi, hal ini dikarenakan hormon pada kenari sudah mulai berkurang sehingga dia macet bunyi dan malas-malasan kemudian kenari pasti akan banyak makan dan terjadi obesitas.

Ini memanglah sangat wajar Anda harus membiasakan kenari ini melakukannya. Untuk solusi mengatasi masalah ini anda harus segera memisahkan kenari jantan ke dalam kurungan. Sebenarnya kenari hanya membutuhkan multivitamin untuk menyetabilkan hormon, jadi yang anda lakukan selanjutnya hanya tinggal memberikan obat hormon seperti multivitamin atau obat untuk meningkatkan birahi. Anda juga bisa membelinya di sini kemudian lakukan perawatan seperti memandikan atau baca tips agar kenari mu bisa gacor super keras dan panjang.

Untuk proses pemulihan ini membutuhkan waktu perawatan yang cukup lama, karena kita seperti melatih kenari yang masih belajar mengoceh. Hanya dengan kesabaran, Anda pasti akan mendapatkan hasil yang maksimal. Dijamin kenari anda akan ngoceh seperti sedia kala bahkan lebih dari itu dan semoga kenari anda menjadi kenari kenari yang jawara

Sampailah kita di akhir artikel ini, pada intinya perawatan kenari sangatlah penting untuk mencegah segala penyakit dan hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi pada burung kenari kita. Sekian dulu cara mengatasi kenari macet bunyi yang disebabkan banyak hal dan solusinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan jangan sungkan-sungkan untuk membagikan atau share di media sosial Terima kasih dan sampai jumpa.

adsense-fallback